Langkah-Langkah Unlock Bootloader Google Pixel 5

2  Langkah-Langkah Unlock Bootloader Google Pixel 5

Sebelum membagikan langkah-langkah unlock bootloader pada smartphone Google Pixel 5, saya ingin menjelaskan sedikit tentang bootloader pada smartphone android.

Bootloader merupakan bagian dari perangkat lunak yang memuat sistem operasi ketika smartphone dihidupkan. Dan sudah pasti, bootloader hanya akan diberi wewenang memuat sistem operasi yang sudah diberi hak oleh Google, sperti update OTA dan factory image resmi.

Apabila smartphone android dalam kondisi unlock bootloader, maka pengguna bisa dengan leluasa mengambil alih wewenang Google dalam hal memuat sistem operasi diluar ketetapan dari pihak Google, seperti pemasangan custom rom, magisk, dan custom recovery.

Persiapan Unlock Bootloader :

  • Google Pixel 5
  • Kabel USB
  • Komputer dengan sistem operasi Windows, Linux, atau Mac

    1. Aktifkan Developer Options

    Buka Setting kemudian pilih About phone, tap pada Build number sebanyak 7x hingga muncul pop-up you are now a developer! Jika diminta PIN, masukkan kode PIN kunci layar kamu.

    2. Aktifkan OEM Unlocking

    Pada menu Developer options, aktifkan OEM unlocking. Masukkan PIN dan lanjutkan dengan memilih Enable. Pada tahap ini kamu sudah memberi wewenang untuk melakukan unlock bootloader.

    3. Booting ke Fastboot Mode

    Cara masuk mode fastboot, dengan melakukan restart Pixel 5. Saat animasi 'restarting' menghilang dan layar menjadi gelap, lanjutkan dengan menekan tombol volume bawah. Jika sudah muncul segitiga warna merah pada sebelah kiri layar, maka kamu berhasil masuk ke mode fastboot.

    4. Google Platform-Tools

    Diperlukan untuk mengirim perintah fastboot kepada smartphone. Jika belum punya, bisa kamu unduh melalui tautan dibawah :
  • Windows
  • Linux
  • Mac

    Jika sudah, lalu ekstrak dan pindahkan hasil ekstrakan platform-tools ke desktop agar lebih mudah.

    5. Unlock Bootloader

    Buka folder platform-tools, tahan tombol Shift, klik kanan pada mouse, lanjutkan dengan memilih open command windows here.

    Sambungkan Pixel 5 dengan kabel usb, lalu ketik perintah berikut di command prompt diakhiri dengan menekan Enter:

    fastboot flashing unlock

    Jika muncul pesan command not found, ganti dengan perintah dibawah ini :

    ./fastboot flashing unlock

    Jika pada layar muncul konfirmasi if you'd like to unlock the bootloader, tekan volume bawah dan arahkan ke Unlock the bootloader, dan tekan tombol Power untuk memilih.

    Jangan kuatir apabila layar tiba-tiba padam, itu karena sedang dalam proses menghapus seluruh data di Pixel 5. Setelah kembali ke mode fastboot, akan ada keterangan Device state is Unlocked.

    Tekan volume bawah beberapa kali, hingga pilihan di bagian atas terbaca Start.

    Tekan tombol power untuk booting secara normal. Dan tiap kamu menyalakan Pixel 5, maka akan muncul tulisan The bootloader is unlocked, untuk melewatinya, tekan tombol power 2x.

  • Comments

    Popular Posts