Sedikit Penjelasan Singkat Tentang RAM [Random Access Memory]

2 Sedikit Penjelasan Singkat Tentang RAM [Random Access Memory]

Tentang RAM dan Fungsinya

Random Access Memory atau yang lebih umum dikenal dengan singkatan RAM, adalah adalah komponen yang berfungsi untuk menyimpan informasi sementara saat ini dan di waktu yang akan datang dengan kecepatan tinggi.

Berbeda dengan hard drive yang bisa menyimpan dalam jangka panjang tapi dengan kecepatan yang lebih lambat dibandingkan RAM.

RAM merupakan komponen penting yang ada di pc, ponsel pintar, dan juga konsol game.

Tanpa adanya RAM, bisa dipastikan sistem akan berjalan sangat lambat untuk menerima perintah, dan bahkan tidak akan berjalan sama sekali.

Apa yang dimaksud DDR?

Merupakan singkatan dari Duuble Data Rate adalah peningkatan evolusi dari SDRAM atau Single Data RAM yang sudah sangat tidak lazim digunakan di masa sekarang.

DDR juga terus mengalami perubahan dari DDR2, DDR3, DDR4 atau akan muncul juga DDR5. Setiap pergantian seri DDR, pasti ada perubahan peningkatan yang signifikan di segi clock speed, bus speed, serta performa.

2 Sedikit Penjelasan Singkat Tentang RAM [Random Access Memory]

Perbedaan antara DIMM dan SO-DIMM

DIMM atau Dual In-line Memory Module adalah memori yang memiliki fisik lebih besar, dan diperuntukkan untuk komputer desktop.

SO-DIMM atau Small Outline Dual In-line Memory merupakan memori yang mempunyai fisik yang lebih kecil, dan digunakan untuk memori laptop.

Comments

Popular Posts