Tips Memilih Hard Drive Eksternal Untuk Menyimpan Game Xbox

2 Tips Memilih Hard Drive Eksternal Untuk Menyimpan Game Xbox

Apabila ruang penyimpanan dalam hard drive internal konsol Xbox makin sempit disebabkan ukuran game yang makin membengkak, maka pengguna Xbox harus menambah ruang penyimpanan ekstra untuk tetap bisa memainkan game, dengan menggunakan hard drive eksternal.

Dengan menggunakan hard drive eksternal, kamu bisa menambah koleksi game terbaru tanpa kuatir akan kehabisan ruang untuk menyimpan game tersebut.

Meskipun game Xbox dibeli dalam bentuk CD, setiap game akan bisa digunakan jika sudah terinstal dalam hard drive internal Xbox. Hard drive internal sendiri tidak bisa diganti atau diperluas kapasitasnya, tanpa merusak garansi.

Sepertinya pihak Xbox sudah mengantisipasi hal ini, dengan menambahkan dukungan pada hard drive eksternal untuk penyimpanan game dan konten lainnya.

Jika ingin menggunakan hard drive eksternal, setidaknya kamu harus memilih hard drive dengan kapasitas minimal 512GB dan sudah mendukung USB 3.0.

Hard drive dengan USB 2.0 akan membuat pemuatan game dari hard drive ke konsol akan berjalan lambat, dan berpengaruh terhadap daya tahan konsol dan hard drive yang digunakan.

Kapasitas 1TB hingga 2TB sudah ideal untuk menyimpan game Xbox, tapi jika budget tidak menjadi halangan, kamu bisa membeli hard drive eksternal dengan kapasitas yang lebih besar.

Perhatikan juga untuk kecepatan hard drive, yang biasanya di kenal dengan RPM atau Revolution Per Minute. Secara teori, makin tinggi RPM hard drive, maka proses instal, loading, dan penyimpanan akan lebih cepat.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa juga menggunakan enclosure docking station, yang mendukung hard drive 2.5 inci dan 3.5 inci.

Jika punya simpanan hard drive dari bekas laptop atau komputer yang masih layak digunakan, maka bisa kamu kolaborasi dengan enclosure docking station.

Menyiapkan hard drive eksternal untuk penyimpanan game Xbox

Koneksikan hard drive eksternal dengan Xbox hingga muncul pop-up pada layar

Pilih Format storage device

Beri nama pada hard drive eksternal kamu

Selanjutnya pilih Install new things here agar secara otomatis game dan konten akan tersimpan di hard drive eksternal

Lakukan Format storage device sekali lagi

Memindahkan game Xbox ke hard drive eksternal

Buka Settings pada Xbox

Arahkan ke tab System

Pilih Storage

Gulir ke kanan untuk memilih hard drive

Pilih Transfer

Jika ingin memindahkan semua konten atau game, pilih Select all

Pilih Move selected

Pilih lokasi penyimpanan hard drive eksternal

Pilih Move untuk menjalankan transfer

Jika sudah selesai memindahkan game, menu My Games and Apps akan menampilkan jumlah total penyimpanan yang kosong dan juga yang sedang digunakan di sebelah kiri layar.

Comments

Popular Posts