Restorasi Helm Gojek Agar Lebih Trendi

2 Restorasi Helm Gojek Agar Lebih Trendi

Baru-baru ini saya mendapat rezeki berupa helm gojek dari teman sesama driver. Karena saya juga membutuhkan helm untuk dipakai sendiri dan untuk penumpang, maka saya terima dengan suka cita pemberian helm ini.

Meskipun kondisinya bisa dibilang sudah tidak terlalu bagus, karena pada bodi luarnya sudah tidak mulus lagi serta tidak adanya visor helm, saya masih optimis jika helm ini masih bisa dipercantik lagi.

Ketika saya cek untuk bagian busanya, masih tampak utuh meskipun sudah kotor karena lama tidak dipakai dan hanya digeletakkan di pojokkan ruang tamu.

Keesokan harinya saya mulai berusaha melakukan make over pada helm gojek ini. Oh iya, teman saya ini memberikan 2 buah helm gojek, jadi cocoklah dengan kebutuhan saya yang fakir helm ini.

Busa pada kedua helm ini saya lepas dari cangkangnya dan saya cuci. Caranya terbilang mudah:

  1. Masukkan busa helm dalam ember atau bak dan beri sabun cuci. Saya juga menambahkan cairan pemutih agar noda bisa rontok dan membunuh bakteri pastinya.
  2. Siapkan air panas secukupnya, kira-kira bisa merendam seluruh busa helm yang akan dicuci.
  3. Tuangkan langsung air mendidih ke dalam wadah berisi busa helm.
  4. Diamkan selama semalam.

  5. Besoknya saya mulai menyikat perlahan pada busa helm sambil sesekali diperas.
  6. Jika sudah bilas sampai bersih, dan jemur langsung di bawah sinar matahari.

Sembari menunggu busa helm kering, saya juga membersihkan bodi atau cangkang helm ini. Rencana saya, salah satu helm ini akan saya cat ulang. Tapi karena keadaan dana yang masih minim, akhirnya saya urungkan dan hanya saya lap menggunakan air sabun saja.

Begitu juga untuk visor helm, rencana awal ingin agar kedua helm ini terpasang visor semua. Tetapi karena keterbatasan dana, akhirnya saya putuskan untuk membeli satu visor helm bogo dan satu pet helm ukuran pendek.

Karena ini bukan visor bawaan dari helm gojek, untuk cara pasangnya diperlukan sedikit trik:

  1. Lepas kancing berjumlah 3 buah pada pet helm yang ada visornya, begitu juga kancing yang berada di pet helm saja.
  2. Untuk memasang visor helm ini, diperlukan 3 baut dan mur, maka saya beli 6 baut ukuran 10 dengan panjang sekitar 1 cm.
  3. Untuk melubangi bodi helm, bisa menggunakan solder atau paku yang dipanaskan. Tapi lepas dulu daleman helm semuanya.
  4. Ukur dulu posisi visor dan pet agar pas di tengah, lalu tandai dengan spidol, kemudian lubangi menggunakan solder atau paku.
  5. Jika sudah tinggal pasang visor dan pet menggunakan obeng atau kunci pas, tergantung baut yang dibeli.

Sekarang tinggal memasang kembali busa helm, dan siap digunakan untuk mencari orderan. Untuk total biaya, rinciannya sebagai berikut:

  • Visor helm merek Injak rp.45,000
  • Pet pendek rp.10,000
  • Baut ukuran 10 6 biji rp.5,000
  • Total biaya rp.60,000
  • Harga kemungkinan bisa berbeda di setiap daerah ya, jadi tidak bisa menjadi patokan tetap. Cara ini juga bisa kamu terapkan pada helm lainnya, tidak harus menggunakan helm gojek. Selamat berkreasi dengan helm kalian..

    Comments

    Popular Posts