Tutorial Mudah Instal Magisk di Smartphone Android

2  Tutorial Mudah Instal Magisk di Smartphone Android

Cara memasang Magisk di smartphone Android sebenarnya cukup mudah. Apalagi jika smartphone Android sudah memasang custom recovery seperti TWRP atau Redwolf.

Bahkan tanpa custom recovery, Magisk masih dapat diinstal melalui image boot atau tambalan instalasi langsung. Hanya saja cara install Magisk ini direkomendasikan untuk menggunakan custom recovery.

Panduan Pasang Magisk Dengan Custom Recovery

Unduh Magisk di forum XDA yang dibuat oleh developer Magisk, yaitu topjohnwu. Jangan lupa siapkan file uninstallernya. Intinya untuk berjaga-jaga jika saat instalasi Magisk terjadi error, kita bisa mengembalikannya dengan flashing Uninstaller Magisk .

Jika file Magisk sudah tersimpan di memori smartphone Android, segera boot ke mode TWRP, dan flashing file Magisk yang sudah diunduh. Jika proses sudah selesai, lanjutkan dengan menekan push Reboot.

Periksa di app drawer, apakah ada ikon Magisk di menu aplikasi Android kamu. Jika Magisk meminta update, maka pilih Update.

Pemeriksaan Safetynet Magisk

Di bawah Advanced Setting, pilih SafetyNet check. Jika Safetynet Check Success muncul, berarti penginstalan Magisk sudah benar. Bagaimana jika SafetyNet tidak lolos alias gagal?

Tidak perlu bingung, langsung saja masuk ke tab Download yang ada di aplikasi Magisk, lalu cari modul bernama SafetyPatch. Modul SafetyPatch berfungsi untuk memperbaiki SafetyNet agar bisa kembali normal.

SafetyNet sendiri merupakan bentuk perlindungan Google terhadap pengguna smartphone Android, yang akan mendeteksi ketika smartphone Android diinstal root, menggunakan ROM kustom, atau terkena malware.

Jika SafetyNet di Magisk gagal, aplikasi perbankan otomatis tidak akan bisa diakses, karena SafetyNet telah mengirimkan info bahwa smartphone android yang digunakan sudah dikustomisasi.

Aktifkan Magisk Hide

Bagaimana menyembunyikan aplikasi yang dianggap berbahaya oleh Google dapat diakses? Cara pertama, masuk ke Magisk Settings, lalu pencet Hide Magisk Manager.

Ini akan mengubah nama Paket Magisk sehingga tidak terdeteksi oleh aplikasi lain. Yang kedua adalah Magisk Hide, yang menyembunyikan Magisk dari aplikasi tertentu atau deteksi tertentu.

Aktifkan Magisk Hide di Magisk Settings, lalu pencet tombol di pojok kiri atas, akan ada menu baru bernama Magisk Hide.

Pilih aplikasi yang akan disembunyikan dari akses Magisk Root. Dengan begitu, meskipun kamu menggunakan Magisk, aplikasi yang bentrok dengan root tetap dapat dibuka dan dijalankan secara normal.

Comments

Popular Posts