Cara Berbagi File di Google Drive Menggunakan Link

2  Cara Berbagi File di Google Drive Menggunakan Link

Penyimpanan cloud sering digunakan untuk berbagi file agar bisa diunduh baik secara publik maupun private. Google Drive menjadi pilihan utama saya, karena sudah terintegrasi dengan akun Gmail.

Selain itu kita mendapatkan fasilitas penyimpanan sebesar 15GB gratis yang masih bisa diperbesar jika kamu berlangganan atau membayar.

Jika kamu mempunyai file yang disimpan di dalamnya, dan tujuannya agar bisa diakses oleh pengguna lain, maka kamu perlu membuat akses dalam Google Drive agar menjadi publik.

Cara Berbagi File di Google Drive

  1. Buatlah folder baru dalam Drive dan beri nama. lalu klik kanan kemudian pilih Get link.

  2. Ganti Restricted menjadi Anyone with the link, dan pastikan memilih Viewer agar siapapun yang punya link akses ke Drive, tidak merubah file di dalamnya, kecuali memang kamu beri ijin sebagai Editor.

  3. Masuk ke folder yang sudah kamu buat tadi, dan unggah file yang ingin kamu bagikan di dalamnya. Klik kanan file yang kamu unggah tadi dan pilih Get link.
  4. Lanjutkan dengan memilih Copy link. Link inilah yang nantinya bisa digunakan untuk mengunduh file yang kamu simpan dalam Drive.

Bentuk link tersebut seperti contoh dibawah:

https://drive.google.com/file/d/1ozrU846-8mV7VufmnXgAxHdOCcHFVq0l/view?usp=sharing

Apabila ingin link tampak lebih rapi dan praktis, bisa kamu buat lebih pendek menggunakan layanan shortlink.

Bisa menggunakan shortlink biasa atau yang bisa menghasilkan uang.

Memang bisa menghasilkan uang dari shortlink? Bisa jika tiap link yang kamu bagikan dibutuhkan atau tepat sasaran.

Misalnya kamu punya blog download software atau film.

Maka akan lebih menghasilkan jika setiap film yang kamu unggah, setiap link kamu kemas menggunakan shortlink penghasil uang.

Ada beberapa macam shortlink penghasil uang seperti:

  • Adfly
  • Shorte.st
  • Ouo.io
  • SafelinkU
  • Adsafelink

    Daftar saja di shortlink yang kamu suka, pastikan kamu punya akun Paypal dan rekening bank lokal. Gunanya untuk menerima pembayaran dari shortlink jika sudah mencapai minimum payout.

    Salin link yang akan diubah menjadi shortlink, lalu bagikan di grup atau forum yang kamu ikuti sesuai dengan topik, agar tidak dianggap spam.

    Meskipun hasilnya recehan, tapi jika ditekuni akan bisa menjadi sumber penghasilan sampingan dari internet melalui shortlink.

  • Comments

    Popular Posts